Manfaat Cumi-Cumi dan Saran Penyajiannya

11 Jul 2016

Cumi-cumi merupakan salah satu sumber makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Secara umum cumi-cumi bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan seperti cumi-cumi bakar, cumi-cumi goreng tepung, cumi-cumi saus tiram, dan banyak lagi olahan dari cumi-cumi. Dengan banyaknya varian olahan dari makanan hasil laut ini membuat orang dapat menikmati hidangan yang bermacam-macam. Selain memiliki cita rasa yang lezat cumi-cumi juga memiliki berbagai macam kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh.

Di dalam cumi-cumi terdapat berbagai macam kandungan gizi di dalamnya. Kandungan gizi pada 100 gram cumi-cumi diantaranya energi sebesar 265 kkal, 40,6 gram protein, lemak 10,1 gram, fosfor sebanyak 270 gram, zat besi 2,7 gram, vitamin A, vitamin B1, dan banyak lagi kandungan nutrisi lainnya. Nah pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa manfaat cumi-cumi dengan saran penyajiannya. Langsung saja simak pada ulasannya berikut ini!

Berikut Manfaat Cumi-Cumi dan Saran Penyajiannya

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat cumi-cumi yang pertama adalah membantu dalam proses pembentukan sel darah merah. Ini dikarenakan di dalam cumi-cumi terkandung berbagai macam kandungan gizi seperti protein, vitamin, dan juga omega 3 yang terdapat pada hewan laut. Informasi terbaru didapatkan bahwa cumi-cumi juga mengandung kandungan tembaga yang dapat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Sel darah merah sendiri tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Kandungan hemoglobin yang terdapat pada sel darah merah mempunyai peran dalam proses pengangkutan kadar oksigen di dalam tubuh. Dengan begitu sangat penting dalam mencegah penyakit berbahaya seperti jantung sampai dengan penyakit stroke.

Memaksimalkan Sel Darah Putih

Manfaat cumi-cumi berikutnya adalah memaksimalkan sel darah putih di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang ada bahwa terdapat zat khusus pada tinta yang digunakan cumi-cumi untuk melindungi dari ancaman musuh. Tinta pada cumi-cumi ini membantu dalam mengaktifkan sel darah putih di dalam tubuh yang berguna dalam memberantas kuman penyakit pada tubuh manusia. Nah untuk Anda yang ingin memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, jangan lupa untuk mencoba mengonsumsi cumi-cumi.

Membantu dalam Menambah Nafsu Makan

Manfaat cumi-cumi berikutnya adalah membantu dalam menambah nafsu makan. Kebiasaan susah makan yang dialami anak-anak dapat diatasi dengan mengonsumsi cumi-cumi. Ini dikarenakan di dalam cumi-cumi terkandung mineral yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan manusia seperti pada lambung sampai dengan usus. Kandungan tersebut diantaranya adalah zat riboflavin serta zat niasin yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Membantu Memperkuat Tulang

Manfaat cumi-cumi berikutnya adalah membantu memperkuat tulang. Berdasarkan para ahli menyatakan bahwa cumicumi mengandung berbagai macam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tulang. Di dalam 100 gram cumi-cumi mengandung sekitar 270 mg dan juga 2,7 mg zat besi. Kandungan tersebut sudah memenuhi kebutuhan gizi harian sampai dengan 17 persen fosfor, 8 persen seng, dan juga 10 persen magnesium.

Membantu Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Kadar lemak di dalam daging cumi-cumi memang relatif rendah yakni 7,5 gram tiap 100 gram bahan yang masing-masing terdiri dari 1,9 gram asam lemak jenuh dan juga 2,7 gram asam lemak tak jenuh tunggal dan juga 2,1 gram asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu omega 3 yang terdapat di dalam cumi-cumi bisa membantu dalam menurunkan kandungan kolesterol di dalam darah.

Untuk penyajian ada baiknya apabila diolah dengan matang. Apabila cumi-cumi harus diolah dengan cara dibakar jangan lupa untuk mengonsumsi mentimun juga sebagai penetralisir.

Baca

http://dbagus.com/cara-mengeriting-rambut-tanpa-alat-catok

http://disehat.com/penyebab-dan-cara-mengobati-vertigo-secara-alami/

http://bisnisi.com/jenis-hobi-yang-menghasilkan-uang/

http://bisnisi.com/inspirasi-bisnis-makanan-unik-yang-menguntungkan/

http://bisnisi.com/peluang-usaha-jus-buah-segar-dengan-modal-kecil/

http://bisnisi.com/panduan-mudah-cara-budidaya-jamur-merang-di-rumah/

http://bisnisi.com/cara-budidaya-jamur-tiram-untuk-pemula/

http://bisnisi.com/peluang-usaha-franchise-makanan-ringan-yang-berkembang-pesat/

http://bisnisi.com/peluang-usaha-pertanian-yang-menjanjikan/

http://bisnisi.com/menjalankan-bisnis-tanaman-hidroponik-di-rumah/

 


TAGS Manfaat Cumi-cumi Kesehatan


-

Author

Follow Me